HICK (2011)

Posted on

74Genre : Comedy Drama 
Starring : Chloe Grace-Moretz, Blake Lively, Rory Culkin 
Imdb Rating : 5.7 
Subtitle Available : Indonesia | English

Suatu hari di Nebraska  kira-kira pada akhir 1970an  atau awal era pemerintahan Ronald Reegan (1980-an awal) Luli  McMullen (Chloe Grace Moretz) duduk di depan beranda rumahnya sambil membuat sebuah gambar dari pensil warna. Sejak awal dituturkan ABG ini hidup dalam keluarga broken home, ayahnya pemabuk dan ibunya juga selingkuh.   Pada hari ulang tahunnya ke 13 yang dirayakan di bar milik ayahnya, salah seorang rekan ayahnya memberikan pistol Smith and Wesson kaliber 45 menjadi hiburan lain bagi Luli di tengah kegalauannya hidup dalam keluarga yang tidak nyaman dan tidak harmonis.

Opening scene sudah cukup membuat miris dalam Hick menggambarkan bagaimana seorang gadis yang memasuki usia remaja dipaksa mengenal hal-hal yang belum waktunya. Adegan berikutnya di suatu pagi Luli berdiri di cermin dia meniru aksi Clint Eastwood (dalam film Dirty Harry?) beraksi mengacungkan pistolnya dan berkata dengan dingin (dan sadis bagi anak usia seperti itu). “You feel lucky, punk?” Well, uh, do you? Dalam  kesendirian, Luli juga berucap Obi Wan Kenobi (tokoh dalam Star War) tolonglah aku.

Suatu pagi ibunya pergi dengan seorang agen real estate. Luli sendirian. Sebuah tayangan televisi tentang Las Vegas memberikan inspirasi. Kabur dari rumah. Tentu saja Luli tidak lupa membawa Smith and Wesson –nya.  Jadilah Hick (atau diterjemahkan sebagai orang udik)  sebuah road movie yang paling kelam yang pernah saya tonton, di mana seorang gadis ABG usia 13 tahun merasakan hidup yang lebih keras dari lingkungannya. Yang jelas dari awal sudah diisaratkan sekalipun tokoh utamanya dara  ABG bukan film remaja apalagi anak-anak. Jadi kalau menonton sebaiknya jangan bawa anak-anak dan remaja pun harus didampingi.

Cerita bergulir, dalam perjalanan Luli bertemu Eddie (Eddie Radmayne) seorang bartender, cowboy kakinya pincang karena jatuh main rodeo yang memberikan tumpangan di truknya.  Dia juga bertemu Glenda perempuan morfinis, dua tokoh yang memerusaknya tetapi sekaligus membuatnya lebih kuat.  Luli berkenalan dengan drugs dari Glenda (Blake Lively). Sementara Eddie menyelamatkannya dari seorang preman yang hendak memperkosanya, tetapi dia sendiri juga memperkosa Luli.  Tokoh ini digambarkan memang psikopat.  Eddie Radmayne berhasil menghidupkan kharakter gila ini.

Smith and Wesson-lah  milik Luli menjadi penyelesaian yang sangat mengenaskan di perjalanan Luli. Akhir cerita  cukup  membuat bergidik terutama bagi mereka yang masih menjunjung dan menganggap keluarga harmonis adalah nilai yang hakiki.

Trailer:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s