To The Wonder (2012)

Posted on

120Genre : Drama Romance
Starring : Ben Affleck, Olga Kurylenko, Rachel McAdams
Imdb Rating : 6.1
Subtitle Available : Indonesia | English

To The Wonder adalah sebuah film yang naskahnya juga ditulis oleh Malick, merupakan sebuah film drama romantis dan berfokus pada karakter bernama Neil.

Neil adalah seorang pria yang cintanya terbagi dua antara seorang wanita bernama Marina, seorang wanita Eropa yang sengaja datang ke Amerika Serikat untuk hidup bersama Neil dan Jane, seorang wanita kenalan lama Neil yang menghubungkan pria ini dengan kota kelahirannya.

To The Wonder lantas mengeksplorasi bagaimana sebuah cerita cinta yang harus melalui banyak fase dalam perjalanannya, seperti gairah, simpati, kewajiban, kesedihan dan kebimbangan dapat berubah menjadi sebuah kehancuran dan proses menemukan kembali makna hidup.

Film To The Wonder dibuka dengan adegan di mana Neil dan Marina terlihat bersama di sebuah pulau bernama Mont St Michel, sebuah pulau milik negara Perancis.

Pulau ini dikenal di Perancis sebagai dengan julukan Merveille de l’Occident atau Kejaiban dari Dunia bagian Barat. Pulau ini juga dipercaya mampu memperbaharui perasaan cinta seseorang.

Neil adalah seorang penulis dengan cita-cita setinggi langit. Neil meninggalkan Amerika Serikat  untuk mencari kehidupan yang lebih baik, di mana masa lalu Neil dipenuhi cerita cinta yang diwarnai perselingkuhan.

Neil merasa menemukan cinta sejatinya di sosok Marina dan kemudian memutuskan untuk setia kepada wanita ini.

Karakter Marina sendiri merupakan seorang wanita yang cantik dan pendiam. Marina juga digambarkan sebagai seorang janda cerai dengan selera humor dan memiliki seorang anak berusia 10 tahun bernama Tatiana.

Saat berusia 16 tahun, Marina meninggalkan Ukraina menuju Paris. Di Paris, Marina menikah dengan seorang pria Perancis. Setelah dua tahun pernikahan, suami Marina menelantarkannya dengan meninggalkannya bersama sang anak, Tatiana, di apartemennya.

Setelah menjanda, Mariana terpaksa harus bekerja keras serabutan untuk hidup. Pertemuannya dengan Neil membuka kesempatan untuk meraih kehidupan yang lebih baik.

Dua tahun kemudian, Neil dan Marina hidup bersama di sebuah kota kecil di Oklahoma yang dekat dengan kehidupan masa kecil Neil. Namun, Neil  telah menyerah dalam mengejar impiannya sebagai penulis dan menjadi seorang pengawas lingkungan. Namun, Neil bahagia dengan pekerjaannya.

Akan tetapi hubungan cintanya dengan Marina mengalami masalah, karena Marina merasa ragu dengan bentuk hubunganya dengan Neil. Marina tidak ingin masa muda dan kebahagiaannya terenggut oleh sebuah peristiwa seperti yang pernah dialaminya di masa lalu.

Namun, terlepas dari keraguannya terhadap Neil, Marina merasa nyaman tinggal di Oklahoma. Di kota tersebu, Marina bergabung dengan sebuah komunitas yang dipimpin oleh seorang pastur bernama Quintana.

Pastur Quintana sendiri bergulat dengan keraguannya terhadap keyakinannya. Quintana pun berharap ia kembali bisa beroleh kembali keyakinan terhadap pekerjaannya, seperti pertama kali ia memutuskan menjadi pastur.

Sementara itu, Neil pun menemui masalah dalam pekerjaanya saat ia menemukan bahwa sebuah perusahaan di kotanya mencemari tanah dan air yang bisa merusak lingkungan tempatnya tinggal. Akan tetapi, Neil gagal menyadarkan para penduduk terhadap bahaya yang mengancam mereka. Neil lantas memutuskan melakukan sesuatu yang sangat beresiko.

Di sisi lain, keraguan Neil terhadap Marina semakin besar. Keraguan Neil bertambah, saat ia sadar bahwa waktu visa izin tinggal Marina di Amerika akan segera habis dan menuntut Marina untuk kembali ke Perancis bersama putrinya.

Sepeninggal Marina, Neil lalu bertemu seorang wanita teman lamanya yang bernama Jane. Mereka berdua lantas jatuh cinta dan Neil kemudian sadar bahwa kisah cintanya berubah menjadi sangat rumit.

Di Perancis, Marina mengalami masa sulit saat ayahnya menolak menampung dirinya dan putrinya. Sang ayah kemudian mengatur agar Marina kembali ke Amerika Serikat.

Keadaan para karakter di film ini menjadi semakin berkembang menuju suatu kepelikan. Neil yang terperangkap cinta segitiga dan Pastur Quintana yang mencoba menemukan kembali keyakinannya.

Apakah komitmen yang mereka pegang hanyalah formalitas demi pekerjaan? Atau mereka harus menerima fakta bahwa cinta terkadang sering berubah dan tidaklah abadi? Dapatkah penderitaan dapat mengikat cinta mereka?

Dari sinopsis tersebut di atas, terlihat bahwa cerita To The Wonder terkesan sangat klise. Namun, Terrence Malick terkenal akan kepiawaiannya merubah sebuah kisah klise menjadi sebuah film berkualitas bak sebuah puisi yang indah.

Produser film ini, Nick Gonda, mengatakan bahwa To The Wonder akan ditampilkan sebagai film yang mengutamakan karakter dalam ceritanya.

To The Wonder sendiri turut dibintangi oleh Rachel Weisz, Michael Sheen dan Barry Pepper yang sayangnya tidak muncul kemudian. Bahkan sejumlah rumor yang berkembang mengatakan bahwa kemunculan Ben Affleck di film ini juga akan dikurangi, seperti halnya yang terjadi pada aktor Adrien Brody di film Malick, The Thin Red Line.

Ben Affleck sendiri dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa To The Wonder baginya lebih merupakan sebuah kenangan hidup daripada sebuah film bercerita dan disajikan dalam struktur cerita non-linear.

Trailer :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s