The Great Gatsby (2013)

Posted on

91Genre : Drama Romance
Starring : Leonardo Dicaprio, Carey Mulligan, Joel Edgerton, Tobey Maguire
Imdb Rating : 7.3
Subtitle Available : Indonesia | English

Nick Carraway (Tobey Maguire), lulusan Universitas Yale dan veteran Perang Dunia I, adalah penderita depresi dan alkoholik yang sedang mengunjungi psikiaternya. Ia membicarakan seseorang bernama Gatsby, yang menurutnya pria paling penuh harapan yang pernah ia temui. Saat ia berusaha menumpahkan seisi pikirannya, dokter memintanya untuk dituliskan saja karena menulis memberikan kedamaian bagi Nick.

Pada musim panas 1922, Nick pindah dari wilayah Tengah Barat ke New York. Di sana, ia bekerja sebagai penjual obligasi. Ia menyewa rumah kecil di Long Island di desa (fiksi) West Egg, bertetangga dengan puri raksasa milik Jay Gatsby (Leonardo DiCaprio), seorang miliarder misterius yang sering mengadakan pesta mewah. Nick pergi ke East Egg di seberang teluk untuk makan malam di rumah sepupunya, Daisy Buchanan (Carey Mulligan), dan suaminya, Tom (Joel Edgerton), kolega Nick. Mereka memperkenalkan Nick pada Jordan Baker (Elizabeth Debicki), pemain golf muda yang menarik dan sinis yang hendak dijodohkan dengan Nick oleh Daisy. Jordan berkata kepada Nick bahwa Tom memiliki kekasih yang tinggal di “lembah abu”, sebuah daerah pembuangan industri antara West Egg dan New York City. Tidak lama kemudian, Nick pergi ke lembah abu bersama Tom. Mereka berhenti di sebuah garasi milik George Wilson (Jason Clarke) dan istrinya, Myrtle (Isla Fisher), kekasih Tom yang disebutkan Jordan sebelumnya. Nick ikut bersama Tom dan Myrtle ke sebuah apartemen persembunyian mereka. Di sana, Myrtle mengadakan pesta vulgar yang berakhir buruk ketika Tom menampar Myrtle karena menyebut-nyebut nama Daisy.

Seiring musim panas berlalu, Nick menerima undangan ke pestanya Gatsby. Setelah tiba, ia mengetahui bahwa meski jumlahnya ratusan, tak satupun tamu yang pernah bertemu Gatsby secara langsung, dan mereka sudah mengarang cerita seputar asal usulnya. Nick bertemu Jordan, lalu bertemu Gatsby yang rupanya masih muda. Melalui Jordan, Nick mengetahui bahwa Gatsby mengenal Daisy pada pertemuan romantis tahun 1917. Sejak itu Gatsby selalu tergila-gila pada Daisy. Setiap malam ia menatap cahaya hijau di ujung dermaga rumah Daisy, tepat di seberang teluk dari rumahnya, dengan harapan suatu hari mereka akan bersatu kembali. Kehidupan dan pesta Gatsby yang mewah adalah usaha untuk menarik perhatian Daisy agar ia datang ke rumahnya. Gatsby sekarang ingin Nick mengadakan reuni antara dirinya dan Daisy. Nick mengundang Daisy minum teh di rumahnya tanpa memberitahu bahwa Gatsby juga ada di sana. Setelah canggung sebentar, Gatsby dan Daisy pun menjadi akrab dan mereka memulai perselingkuhan. Sesaat kemudian, Daisy dan Tom menghadiri pesta Gatsby. Di sana, Tom mulai curiga akan hubungan istrinya dengan Gatsby. Selama makan siang di rumah keluarga Buchanan, Gatsby menatap Daisy dengan begitu terpesona sampai-sampai Tom menyadari Gatsby jatuh cinta kepadanya. Meski Tom sendiri terlibat perselingkuhan, ia sangat marah melihat kebohongan istrinya. Ia memaksa semuanya pergi ke New York City dan menyerang Gatsby di Plaza Hotel. Tom menjelaskan bahwa ia dan Daisy mempunyai sejarah yang takkan pernah dimengerti Gatsby dan mengumumkan kepada istrinya bahwa Gatsby adalah penjahat yang kekayaannya berasal dari penjualan alkohol dan aktivitas ilegal lain. Kesabaran Gatsby hilang dan menjadi murka, kemudian malu sendiri. Pasca insiden tersebut, Daisy menyadari bahwa ia lebih setia pada Tom, yang menyuruhnya pulang ke East Egg bersama Gatsby untuk membuktikan bahwa Gatsby tidak bisa melukai Tom.

Ketika Nick, Jordan, dan Tom melintasi lembah abu, mereka mengetahui bahwa mobil Gatsby menabrak dan menewaskan Myrtle, kekasih Tom. Mereka langsung pulang ke Long Island, tempat Nick mengetahui dari Gatsby bahwa Daisy-lah yang mengemudikan mobil karena ingin menenangkan diri. Akan tetapi, Gatsby ingin dirinya disalahkan. Walau terjadi insiden di Plaza, Gatsby yakin Daisy akan menghubunginya esok hari. Malamnya, ia mengungkapkan kepada Nick bahwa ia terlahir miskin dan nama aslinya ialah James Gatz. Paginya, Nick pergi kerja, sedangkan Gatsby berenang sebelum kolamnya dikeringkan untuk menghadapi musim gugur. Ia meminta agar teleponnya dibawa ke pinggir kolam supaya bisa menjawab panggilan telepon Daisy. Sementara itu, Tom memberitahu suami Myrtle, George, bahwa Gatsby adalah pengemudi mobil yang menabrak istrinya. George langsung menyimpulkan Gatsby adalah kekasih Myrtle. Di puri, Gatsby mendengar telepon berdering dan yakin itu Daisy. Setelah naik ke atas kolam sambil menatap rumah Daisy di seberang teluk, ia ditembak mati oleh George yang kemudian bunuh diri. Ternyata yang menelepon adalah Nick dan ia mendengar dua tembakan.

Saat Nick menghubungi keluarga Buchanan untuk mengundang Daisy pada pemakaman Gatsby, ia mengetahui Daisy, Tom, dan putrinya pindah dari New York. Hanya pers yang menghadiri pemakaman, namun diusir Nick. Media menuduh Gatsby adalah pembunuh dan kekasih Myrtle, sehingga Nick menjadi satu-satunya orang yang tahu apa yang sebenarnya terjadi. Ia juga pindah ke Tengah Barat (Midwest) karena terlalu jijik dengan sikap orang-orang di sekitar Gatsby, serta kejelekan moral orang-orang kaya yang tidak berperikemanusiaan di Pantai Timur. Di kantor psikiater, Nick menyelesaikan memoarnya yang diberi judul “The Great Gatsby.”

Trailer :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s